SMP Terbaik di Jakarta

SMP terbaik di Jakarta yang berkonsep standar Internasional tetap harus memenuhi beberapa karakteristik. SMP terbaik di Jakarta untuk dapat memenuhi karakteristik dari konsep SBI tersebut, yaitu sekolah telah melaksanakan dan memenuhi delapan unsur SNP sebagai pencapaian indikator kinerja kunci minimal ditambah dengan (x) sebagai indikator kinerja kunci tambahan. Maka sekolah dapat melakukan minimal dengan 2 cara, yaitu:

  1. Adaptasi, yaitu penyesuaian unsur-unsur tertentu yang sudah ada dalam SNP dengan mengacu (setara/sama) dengan standar pendidikan salah satu anggota OECD dan / atau negara maju lainnya yang mempunyai keunggulan tertentu dalam bidang pendidikan, diyakini telah memiliki reputasi mutu yang diakui secara internasional, serta lulusannya memiliki kemampuan daya saing internasional; dan
  2. Adopsi, yaitu penambahan atau pengayaan/pemdalaman/penguatan/perluasan dari unsur-unsur tertentu yang belum ada diantaradelapan unsur SNP dengan tetap mengacu pada standar pendidikan salah satu anggota OECDdan / atau negara maju lainnya yang mempunyai keunggulan tertentu dalam bidang pendidikan,  diyakini telah memiliki reputasi mutu yang diakui secara internasional, serta lulusannya memilikikemampuan daya saing internasional.

Oleh karena itu bagi sekolah yang akan melakukan adaptasi ataupun adopsi, perlu mencari mitra internasional, misalnya sekolah-sekolah dari negara-negara anggota OECD yaitu: Australia, Austria, Belgium, Canada, Czech Republic, Denmark, Finland, France, Germany, Greece, Hungary, Iceland, Ireland, Italy, Japan, Korea, Luxembourg, Mexico, Netherlands, NewZealand, Norway, Poland, Portugal, Slovak Republic, Spain, Sweden, Switzerland, Turkey,United Kingdom, United States dan negara maju lainnya seperti Chile, Estonia, Israel, Russia, Slovenia, Singapore dan Hongkong yang mutunya telah diakui secara internasional. Atapun dapat juga bermitra dengan pusat-pusat pelatihan, industri, lembaga-lembaga tes/sertifikasi internasional seperti misalnya Cambridge, IB, TOEFL/TOEIC, ISO, pusat-pusat studi dan organisasi-organisasi multilateral seperti UNESCO, UNICEF, SEAMEO, dan sebagainya.

SMP terbaik di Jakarta dengan konsep SBI esensinya adalah adanya daya saing pada forum internasional terhadap komponen-komponen pendidikan seperti output/outcomes pendidikan, proses penyelenggaraan dan pembelajaran, serta input SBI harus memiliki daya saing yang kuat/tinggi. Masing-masing komponen tersebut harus memiliki keunggulan yang diakui secara internasional, yaitu berkualitas internasional dan telah teruji dalam berbagai aspek sesuai dengan karakteristiknya masing-masing. Bukti bahwa telah diakui dan teruji secara internasional dengansertifikasi minimal dengan berpredikat baik dari salah satu negara anggota OECD, negara majulainnya atau lembaga internasional yang relevan.

Beberapa ciri esensial dari SBI ditinjau dari komponen pendidikan yang berdaya saing tinggi adalah sebagai berikut. Pertama, output/outcomes SBI dikatakan memiliki daya saing internasional antara lain bercirikan:

  • Lulusan SBI dapat melanjutkan pendidikan pada satuan pendidikan yang bertaraf internasional, baik di dalam maupun di luar negeri.
  • Lulusan SBI dapat bekerja padalembaga-lembaga internasional dan/atau negara-negara lain, dan
  • Meraih medali tingkat internasional pada berbagai kompetisi sains, matematika, teknologi, seni, dan olahraga.

Proses penyelenggaraan dan pembelajaran dikatakan memiliki daya saing internasional antara lain cirinya telah menerapkan berbagai model pembelajaran yang berstandar internasional, baik yang bersifat pembelajaran teori, eksperimen maupun praktek.

SMP terbaik di Jakarta yang berbasis Internasional juga harus mempunyai esensi kedua, yaitu proses pembelajaran, penilaian, dan penyelenggaraan harus bercirikan Internasional. Esensi ketiga adalah input SBI yang esensial bercirikan Internasional.

Comments are closed.